Ternyata ini 7 Bahaya Ponsel Bagi Otak Manusia

0
Bahaya Ponsel Bagi Otak Manusia

Bahaya Ponsel Bagi Otak Manusia – Apakah sobat sering memakai smartphone buat nelepon? Kamu sekarang harus waspada, dari penelitian WHO terdapat beberapa bahaya yg dapat ditimbulkan berdasarkan radiasi ponsel. Penggunaan smartphone atau ponsel merupakan hal yang tak terpisahkan berdasarkan kehidupan kita kini . Entah itu untuk menelepon, bermain games, penunjuk arah, mendengarkan musik, dan sebagainya.

Apakah kamu sering menggunakan smartphone buat menelepon lebih dari 2 jam per hari? Atau Apakah kamu sangat sering bermain game di smartphone lebih dari 4 jam per hari? Nah, sobat wajib tahu bahaya ponsel bagi otak.

Penelitian dari WHO menyatakan bahwa ada beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan dari radiasi ponsel ini. Nah, salah satu bahaya penggunaan ponsel/smartphone bagi otak dapat menimbulkan beberapa penyakit yang serius lho.

Komunikasi dalam smartphone memakai gelombang radio melalui jaringan antena tetap yang diklaim BTS. BTS (Base Transceiver Station) adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. Smartphone atau ponsel itu sendiri merupakan sebuah pemancar frekuensi radio bertenaga rendah, beroperasi pada frekuensi antara 450 dan 2700 MHz menggunakan kekuatan puncak di kisaran 0,1 hingga 2 Watt.

1.Bahaya Ponsel Bagi Otak Meningkatkan Risiko Kanker Otak

Bahaya Ponsel Bagi Otak Manusia Pada tahun 2011 International Agency for Research on Cancer (IARC) mengelompokkan radiasi smartphone ke dalam Grup 2B yang memungkinkan impak karsinogenik. Karsinogenik adalah zat yg mengakibatkan penyakit kanker. Dengan memakai smartphone rata-rata satu jam per hari mampu menaikkan risiko tumor bila norma ini dilakukan selama 10 tahun.

2.Bahaya Ponsel Bagi Otak Mengganggu Perkembangan Otak Bayi

Bahaya Ponsel Bagi Otak Manusia Dikutip berdasarkan Kompas, pada usia 0-6 bulan, otak bayi sedang berkembang pesat. Seorang dokter anak menjelaskan bahwa bukan hanya sel-sel, akan tetapi perkembangan otaknya juga dipengaruhi oleh sistem otak. Radiasi ponsel mampu mengganggu proses ini. Otak bayi yg masih berkembang dan lunak menjadi sangat rentan jika ada benturan sekecil sekalipun. Oleh sebab itu, hindari penggunaan smartphone di dekat bayi.

3.Bahaya Ponsel Bagi Otak Menimbulkan Stres Oksidatif

Bahaya Ponsel Bagi Otak Manusia

 Pada sebuah studi tentang otak mengenai dampak 900-MHz electromagnetic field (EMF), dilakukan sebuah percobaan EMF terhadap 14 hewan percobaan menggunakan EMF. EMF sendiri merupakan radiasi gelombang elektromagnetik. Setelah 30 hari dilakukan percobaan, bisa disimpulkan bahwa EMF yang dihasilkan berdasarkan smartphone dapat menyebabkan stres oksidatif, yaitu keadaan pada mana jumlah radikal bebas di pada tubuh melebihi kapasitas tubuh buat menetralkannya.

4.Bahaya Ponsel Bagi Otak Menimbulkan Risiko Penyakit Alzheimer

Bahaya Ponsel Bagi Otak Manusia Penyakit Alzheimer merupakan sejenis sindrom kematian sel-sel otak pada ketika yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut dan mengecil. Biasanya, penyakit Alzheimer ini terjadi pada orang yg berusia lanjut. Namun, bila kamu terpapar radiasi smartphone dalam jangka saat usang, maka ada kemungkinan kamu dapat mengalami resiko penyakit Alzheimer ini.

5.Bahaya Ponsel Bagi Otak Menyebabkan Gangguan Tidur

Bahaya Ponsel Bagi Otak Manusia Bahaya tidur menggunakan ponsel sudah banyak dikemukakan pada beberapa website kesehatan. Ponsel yg memaparkan gelombang elektromagnetik akan menyebabkan terganggunya produksi melatonin. Melatonin sendiri adalah hormon yang berperan dalam aneka macam proses fisiologis seperti ritme biologis (seperti tidur), regulasi tekanan darah, onkogenesis, retina, reproduksi, ovarium, sistem kekebalan dan diferensiasi osteoblas. Oleh karena itu, jauhkan ponsel sobat saat kamu tidur supaya tidur sobat berkualitas & sehat.

6.Bahaya Ponsel Bagi Otak Berkontribusi Menyebabkan Gangguan Tiroid

Bahaya Ponsel Bagi Otak Manusia Ternyata menggunakan meningkatnya penggunaan ponsel dan perangkat WiFi pada kurang lebih kamu, kamu bisa saja terkena polusi elektrik yg dihasilkan ponsel. Radiasi benda-benda elektro yg ada pada lebih kurang sobat tadi dapat mengakibatkan terjadinya gangguan tiroid. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak dalam bagian depan dari leher yg mengeluarkan hormon & mengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah, berat badan, dan lain-lain.

Bahkan pada EMF taraf rendah pun dapat memperlambat fungsi tiroid. Gangguan pada fungsi tiroid ini bisa mengakibatkan depresi, tidak tahan dingin, nyeri sendi, kram otot, kelelahan, & menurunnya berat badan.

7.Bahaya Ponsel Bagi Otak Menyebabkan Kebocoran Sel Otak

Bahaya Ponsel Bagi Otak Manusia Kasus seperti ini pernah terjadi dalam Matti Niemelä, seseorang (CTO) Chief Technology Officer Nokia. Ia menggunakan ponsel selama 10 tahun dan belakangan sering mengeluh sakit kepala disertai gangguan tubuh lainnya.

Gejala bocornya sel otak dimulai waktu beliau merasakan sulit berkordinasi menggunakan orang-orang pada sekitarnya. Selain itu, telinganya terasa panas jika berbicara menggunakan ponsel terlalu lama . Pada keadaan normal, otak dilindungi oleh penghalang darah-otak. Tetapi, akibat berdasarkan radiasi ponsel yg berkepanjangan, penghalang darah-otak ini rusak sebagai akibatnya menyebabkan racun-racun mampu masuk ke pada otak.

Nah, itulah 7 bahaya ponsel bagi otak Manusia. Jangan berlama-usang memakai ponsel pada dekat telinga. Selain itu, jauhkan ponsel sobat saat sedang tidur agar terhindar menurut radiasi ponsel yang berbahaya bagi otak. Apabila kamu punya pengalaman mengenai hal ini silakan tulis di kolom komentar ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here